Cara menginstall wine di Ubuntu

  No comments
 
Wine adalah sebuah program untuk menjalankan file eksekutabel DOS, Windows 3.x, dan Win32. Wine pada awalnya merupakan singkatan dari WINdows Emulator, kemudian arti singkatan ini diubah menjadi singkatan rekursif, Wine Is Not an Emulator. Wine menjalankan merupakan compatibility layer untuk software berbasis Windows.

Wine dikembangkan sudah lebih dari 17 tahun yang lalu. Pada mulanya Wine dikembangkan oleh Alexandre Julliard, dan sekarang dikembangkan oleh Wine Authors.

Kebanyakan program Windows akan berjalan mulus dengan Wine, namun masih ada beberapa program Windows yang masih tetap tidak dapat berjalan dengan Wine. Contoh program Windows yang berjalan di Wine adalah Adobe Photoshop (dengar-dengar dari situs web), Fruitty Loops 5, dan ANSAV v2 Beta. Sedangkan contoh program Windows yang tidak berjalan di Wine adalah ANSAV Versi 1.x.x.

Kebanyakan pengguna Linux menggunakan Wine sebagai aplikasi untuk menjalankan game-game Windows, seperti yang saya lakukan di post sebelumnya tentang Counter-Strike.
Beberapa game Windows sudah dapat berjalan normal dengan Wine, contohnya GTA San Andreas, Counter-Strike, SimCity 4, dan Civilization (tombuntu.com). Untuk lebih jelasnya, cari di situs-situs yang menjelaskan tentang gaming di Linux.

Instalasi Wine di Ubuntu

Untuk instalasi Wine di Ubuntu, anda bisa mengikuti cara-cara instalasi software di Ubuntu di post saya ini. Tapi jika anda malas membacanya, maka anda dapat menggunakan cara-cara di bawah ini.

1. Pengguna yang memiliki koneksi internet langsung
  • Klik Ubuntu Software Center dari menu Applications. Cari Wine kemudian klik Install.
  • Klik Terminal dari menu Applications. Ketikkan perintah berikut: sudo apt-get install wine.
  • Pergi ke Synaptic. Cari wine kemudian centang Wine. Kemudian pilih Apply.
2. Pengguna yang tidak memiliki koneksi internet secara langsung
  • Gunakan DVD Repository yang sesuai dengan versi Ubuntu yang anda gunakan. Pergi ke Synaptic, lalu Add DVD Repository tersebut di list repository Synaptic. Kemudian cari wine di Synaptic, centang Wine, kemudian pilih Apply.
  • Instalasi manual (baca post ini untuk cara menginstall software di Ubuntu secara manual).
3. Pengguna Expert atau yang ingin mencoba menjadi Expert
Download sumber kode Wine di situs http://winehq.org. Kemudian ekstrak dan compile sumber kode Wine tersebut sehingga menjadi eksekutabel Linux.
(untuk cara-cara meng-compile sumber kode suatu software sehingga menjadi eksekutabel, baca artikel berikut).
Menjalankan Wine di Ubuntu

Untuk menjalankan Wine, anda dapat meng-klik eksekutabel Windows yang ingin anda jalankan. Anda juga bisa menjalankan Wine dengan menggunakan Terminal. Masuk ke Terminal kemudian ketikkan wine [eksekutabel.exe] ([eksekutabel.exe] adalah file eksekutabel yang ingin anda jalankan).

No comments :

Post a Comment

Silahkan Kometarnya. . . . .