Pegertian UAC (User Account Control)

  No comments
 Menurut Microsoft User Account Control (UAC) adalah fitur terbaru yang membantu pengguna menjaga sistemnya dari program berbahaya (malware) yang akan merusak sistem.UAC secara otomatis menghentikan instalasi aplikasi yang tidak diinginkan. Jika Anda mencermati, saat Anda menggunakan Windows Vista atau Win7, terkadang muncul peringatan otomatis yang meminta Anda memberikan akses level Administrator, itulah salah satu tanggung jawab UAC. Mengapa UAC menjadi penting untuk dibahas dan bagaimana UAC berperan dalam Sistem Operasi terbaru dari Microsoft? silakan simak lebih lanjut tulisan singkat ini.
UAC (User Account Control) merupakan hasil pembaharuan dan optimalisasi yang ingin dihadirkan Microsoft bagi para penggunanya dalam segi Sekuriti Sistem Operasi. Kita perlu ingat bahwa sejak dulu produk Microsoft seringkali menjadi sasaran serangan dari berbagai pihak yang memanfaatkan celah keamanan sistem operasi. Menurut Microsoft UAC akan memperingatkan Anda ketika:
  • Instalasi/Uninstalasi program
  • Instalasi driver untuk sebuah perangkat (misal: kamera digital, flashdisk)
  • Penggunaan Konsol Update Windows untuk menginstall sebuah update
  • Mengatur Pengatur Bimbingan Orangtua (Parental Console)
  • Install ActiveX Control untuk mengakses situs tertentu
  • Membuka atau mengubah Firewall Windows
  • Mengubah tipe akun pengguna
  • Mengubah setting keamanan dengan Security Policy Editor (Secpol.msc)
  • Browse/Mengakses direktori pengguna lain
  • Mengatur Update otomatis
  • Menggunakan Otomatisasi Task.
  • Copy atau Memindah file dari dan ke folder Program Files atau Windows.
  • Menambah atau mengurangi akun pengguna
  • Mengatur Akses Remote Desktop
Namun belajar dari pengalaman Vista, Microsoft merasa perlu melakukan beberapa pembenahan mengingat banyaknya keluhan terhadap pesan konfirmasi yang terlalu sering muncul dan cenderung justru mengganggu akses pengguna. Selanjutnya, produk UAC dipermak dengan kemampuan tambahan dalam paket Windows 7. UAC versi terbaru ini dengan dibekali kemampuan:
  • Mengurangi pesan konfirmasi ganda/tidak diperlukan sehingga hanya akan muncul saat-saat kriti saja.
  • Memberikan akses lebih mudah kepada pengguna terhadap sistem (baca=setting UAC) masing-masing.
  • Memberikan info yang lebih mudah diterima pengguna (user friendly).
  • Memberikan kontrol yang lebih baik terhadap sistem.

Dalam versi terbaru ini, Anda dapat menemukan halaman User Account Control Setting, dimana Anda bisa melakukan tweaking dan konfigurasi sesuai keinginan Anda. Seperti meningkatkan tingkat pesan konfirmasi, atau bahkan menonaktifkannya samasekali. Setting ini dipermudah dengan model Slider bar yang mewakili tingkat pengaturan UAC, sehingga pengaturan dapat dilakukan dengan sangat mudah.
Tabel berikut akan memberikan gambaran perbedaan tiap level pengaturan tersebut:
Setting Deskripsi Dampak Keamanan
Always notify me when programs try to install software or make changes to my computer and when I make changes to Windows settings Windows akan memperingatkan Anda sebelum program atau Anda sendiri melakukan perubahan terhadap Sistem atau Setting Windows yang memerlukan ijin dari administrator. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer. Desktop yang gelap merupakan tanda pengaman desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada masa ini. Ini adalah setting paling aman. Ketika Anda diperingatkan, Anda sepatutnya membaca dengan baik setiap dialog box sebelum menyetujui perubahan apapun terhadap komputer Anda.
Default – Notify me only when programs try to make changes to my computer. Don’t notify me when I make changes to Windows settings. Windows akan memperingatkan Anda ketika ada program dari luar sistem melakukan perubahan atau pengaturan Windows yang memerlukan ijin administator. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melakukan perubahan apapun dalam komputer. Sama seperti setting di atas, desktop yang gelap merupakan tanda pengaman desktop bahwa program lain tidak bisa berjalan pada masa ini, namun Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang  memerlukan ijin Administrator. Pengaturan ini memiliki level keamanan sedang. Biasanya aman-aman saja jika perubahan pengaturan Windows Anda lakukan sendiri tanpa harus ada peringatan. Namun, beberapa program bawaan Windows dapat saja menerima perintah atau data secara langsung. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh software berbahaya untuk menginstall sesuatu atau melakukan perubahan pengaturan dalam komputer Anda. 
Notify me only when programs try to make changes to my computer (do not dim my desktop). Don’t notify me when I make changes to Windows settings Windows akan memperingatkan Anda ketika ada program atau pengaturan Windows yang memerlukan ijin administator. Ketika Anda diberi peringatan, Desktop akan tampak gelap sejenak dan Anda harus memilih Approve (Setuju) atau Deny (Tolak) permintaan dalam dialog box UAC sebelum Anda dapat melanjutkan proses tersebut, namun Anda tetap bisa melakukan hal lain tatkala dialog box UAC ini masih terbuka.  Anda tidak akan diberi peringatan jika Anda ingin melakukan perubahan yang  memerlukan ijin Administrator. Setting ini cukup aman. Dengan setting ini, program lain dapat bercampur dan mempengaruhi tampilan dialog box UAC. Bisa jadi hal ini menjadi risiko celah keamanan jika komputer Anda telah terserang malware.
Never notify me or turn off and disable UAC Windows TIDAK akan memperingatkan Anda sebelum adanya perubahan dalam komputer Anda. Jika Anda login sebagi Administrator, program apapun bisa melakukan perubahan tanpa Anda ketahui. Jika Anda login sebagai user biasa, semua perubahan yang memerlukan ijin Administrator akan ditolak secara otomatis. Jika Anda memilih setting ini, Anda harus merestart komputer untuk menonaktifkan UAC. Sejak saat dinonaktifkan, siapapun yang login sebagai Administrator, akan selalu mendapatkan hak sebagai admin. Setting ini merupakan pengaturan paling lemah. Jika Anda menonaktifkan setting UAC, Anda telah membuka kemungkinan celah keamanan sistem Anda. Dalam hal ini Anda patut berhati-hati memilih program yang Anda jalankan karena mereka mendapatkan hak akses yang sama dengan Anda, termasuk membaca dan melakukan perubahan terhadap area sistem, data pribadi, file, dan semua yang tersimpan dalam komputer. Program-program ini juga bisa melakukan komunikasi dan melakukan transfer informasi dari dan ke komputer menapun yang terhubung dengan komputer Anda, termasuk lewat internet.
Pengaturan ini mirip sekali dengan pengaturan yang telah lama dianut dalam keluarga Unix, dan turunannya. Microsoft memanfaatkan serupa untuk mengamankan Windows dari akses yang tidak berwenang.

No comments :

Post a Comment

Silahkan Kometarnya. . . . .