Perbedaan mouse laser dan mouse optik

  No comments
Mouse dari zaman dulu menggunakan bola. Orang yang pernah memakai mouse zaman dulu pasti masih ingat kalau mouse sudah agak “seret”, bola mouse harus dikeluarkan untuk dibersihkan. Di tempat bola itu ada roller. Roller itu juga harus dibersihkan.

Mouse sekarang sih sudah tidak perlu dibersihkan lagi bolanya. Bukannya bola mouse sudah anti-debu, melainkan bolanya memang sudah tidak ada. Mouse sekarang sudah memakai optik.

Mouse optik mulai dikenal pada akhir 1999. Mouse seperti ini punya kamera yang memotret ribuan gambar setiap detik. Kamera memotret alas mouse. Gambar yang diperoleh dikirim ke prosesor sinyal digital untuk dianalisis. Prosesor itu membandingkan setiap gambar yang dikirim untuk mengenali perubahan di setiap gambar.

Dalam perjalanannya sebuah potongan gambar yang berhasil ditangkap oleh sensor tadi akan diproses oleh prosessing chip dan akan membentuk sebuah algoritma dan akan di analisa untuk mereferensi setiap perubahan pergerakan yang terjadi melalui mekanisme x/y axis. Dalam kondisi idealnya sebuah sensor optik pada mouse sanggup memproses data yang setara dengan 1500 gambar berukuran 3.2 Megapixel/detiknya.

Akan tetapi salah satu kekurangan optikal mouse ialah kurang mampunya sensor bekerja pada permukaan yang mengkilap atau transparent seperti cermin atau kaca sehingga akhirnya munculah laser mouse sebagai generasi penerus selanjutnya.

Ada lagi teknologi yang lebih baru yang sekarang banyak dipakai, yakni mouse laser. Apa bedanya dengan mouse optik?

Mouse laser sebetulnya termasuk mouse optik. Tapi, mouse optik biasa menggunakan LED (Light Emitting Diode) berwarna merah. Mouse laser, menggunakan pancaran sinar laser yang tak kasat mata-ada sih yang sedikit terlihat.

Sinar laser yang dipancarkan bergerak mengikuti tangan pengguna. Sinar laser itu menghidupkan sistem sensor optik seperti pada mouse optik biasa. Ribuan gambar diambil dalam waktu satu detik untuk mengetahui pergerakan mouse. Koordinat yang dikirim mouse kemudian digunakan komputer untuk memosisikan pointer.

Keuntungan
Ketimbang mouse yang pakai bola, mouse optik punya banyak keuntungan, antara lain lebih tahan lama, kotoran tidak bisa masuk ke dalam mouse, pointer bisa bergerak lebih mulus dan tidak perlu lagi pakai mouse pad.

No comments :

Post a Comment

Silahkan Kometarnya. . . . .