Teknologi Wigig (Wireless Gigabit)

  No comments

Wigig, Teknologi Wi-Fi Supercepat

Dua organisasi pengembang teknologi nirkabel, Wi-Fi Alliance dan Wireless Giga-bit Alliance telah bergabung untuk membuat teknologi Wi-Fi supercepat dengan kapasitas sepuluh kali lipat Wigig.

Kecepatan Wi-Fi yang ada saat ini baru tersedia dalam kapasitas megabit per detik, sedangkan Wigig memiliki kecepatan sepuluh kali lebih besar, yakni gigabit per detik. Rencananya, pada Desember mendatang, Wi-Fi Alliance dan Wireless Gigabit Alliance akan mengadu spesifikasi Wi-Fi tercepat versi mereka.

Alat transmisi data supercepat ini dapat menggantikan fungsi kabel yang selama ini digunakan untuk mengirim format video berdefinisi tinggi (high definition/HD), misalnya dari pemutar Blue-ray dikirim ke televisi.

Peranti ini juga nantinya dapat digunakan untuk mendorong kerja perangkat Wi-Fi yang ada saat ini. Tampaknya bukan cuma Wi-Fi Alliance dan Wireless Gigabit Alliance yang akan mengembangkan teknologi nirkabel. Hitachi, Panasonic, dan Toshiba juga akan menyajikan produk nirkabel dengan kapasitas mencapai 60 GHz pada pertengahan tahun ini. Kini bukan lagi mimpi mendapatkan fasilitas nirkabel yang supercepat….

No comments :

Post a Comment

Silahkan Kometarnya. . . . .