Tips memilih antara Laptop/notebook dan Netbook, Processor AMD dan Intel

  2 comments

Seperti banyak kita ketahui sekarang banyak sekali jenis-jenis laptop yang ada di pasaran. dan terkadang kita sendiri sampai bingung, manakah laptop yang kiranya cocok dengan kebutuhan kita. sebelumnya mari kita kenalkan dan perjelas perbedaan istilah laptop, notebook dan netbook.
Laptop secara istilah adalah portable computer(komputer jinjing) yang di desain berukuran kecil dapat di bawa kemana-mana dengan sumber catu daya baterai.
notebook
secara istilah adalah portable computer (komputer jinjing) yang di desain berukuran kira-kira sebesar buku catatan. kata notebook sendiri sebenarnya muncul karena adanya laptop. jadi istilah notebook merupakan turunan dari istilah laptop.
netbook
secara istilah adalah portable computer (komputer jinjing) yang di desain memiliki fungsi yang lebih khusus, dalam artian lebih cenderung berfungsi untuk mobilenet. netbook juga merupakan turunan istilah dari laptop dan notebook.
Berdasarkan istilah-istilah di atas, selanjutnya akan saya paparkan beberapa karakteristik yang membedakan dari masing-masing tersebut.
Laptop /notebook

Disini saya gabungkan antara laptop dan notebook. karena secara karakteristik keduanya hampir sama, yang membedakan hanyalah desain ukuran fisiknya.

  • Rata-rata memiliki kompatibilitas yang cukup baik di kelas portable computer.
  • Bisa di gunakan untuk bekerja seperti layaknya bekerja menggunakan personal computer (PC)
  • Secara desain prosessor, kinerjanya hampir mendekati kinerja komputer desktop ataupun PC, karena kebanyakan processornya merupakan hasil pengembangan dari processor PC.
  • Fasilitas I/O hardware yang include di dalam sebuah laptop / notebook kebanyakan sudah lengkap. misal CD-ROM.
  • Memiliki ukuran layar monitor kira-kira antara 12-17 inch.
Netbook
  • Kompatibilitasnya masih kurang jika di bandingkan dengan Laptop/notebook.
  • Belum bisa digunakan maksimal untuk bekerja seperti layaknya Laptop/notebook. Fungsinya masih di batasi untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu saja yang ringan. misalnya; browsing, chatting, mengetik, dll
  • Secara desain prosesor, kinerjanya masih di bawah dari kinerja prosessor Laptop/Notebook. Ini di karenakan desainnya yang lebih minimalis dan ekonomis jika di bandingkan dengan Laptop/Notebook.
  • Fasilitas I/O hardware terbatas, banyak yang belum include didalamnya, semisal CD-ROM. Ini dikarenakan desain yang minimalis mengirit tempat juga untuk ekonomis harganya.
  • Memiliki ukuran layar monitor kira-kira antara 7-12 inch.
dan mungkin masih banyak lagi karakteristik lain yang membedakan diantara keduanya.
Sekarang kita bahas masalah jenis processor, yaitu antara AMD dan INTEL karena keduanya merupakan yang paling terpopuler untuk masa sekarang ini.
Intel

adalah salah satu perusahaan pengembang prosessor yang sudah cukup lama berdiri. Processor-processor mobile intel juga sudah banyak yang dikeluarkan di pasaran. Sebelum processor AMD muncul dan di kenal publik, Intel belum memilki tandingan yang berarti di segi harga. Inilah yang membuat Intel jadi memonopoli harga penjualan Prosessor di pasar.
AMD

Advanced Micro Device (AMD) adalah salah satu perusahaan pengembang processor. secara ringkas sejarah AMD merupakan perusahaan turunan dari Intel. Harga Jual Prosessor ini cenderung lebih murah jika di banding Intel. Kemunculan AMD merupakan solusi dari monopoli Intel terhadap harga jual Prosessor.

Di segi Kinerja, akhir-akhir ini AMD sudah mulai bisa bersaing dengan intel. keduanya sama-sama kuat memiliki kelebihan masing-masing meskipun desain dari masing-masing processor berbeda.
Dari pembahasan singkat di atas ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan jika ingin membeli laptop/Notebook atau Netbook.
  1. Tetapkan terlebih dahulu kebutuhan anda memiliki portable computer untuk apa.
  2. Jika anda seorang yang mobilitasnya tinggi, sedangkan pekerjaan yang diperlukan dengan portable computer tidak terlalu berat, semisal hanya untuk browsing, chatting, mengetik, kirim email , anda lebih tepatnya bisa memilih portable computer jenis notebook.
  3. Jika Anda seorang desainer Grafis yang sedikit mobilitasnya, atau memerlukan komputer untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat, lebih baik anda memilih portable computer jenis laptop.
Untuk pemilihan laptop dengan prosesor AMD atau Intel ada beberapa tips dari saya:
  1. Jika anda memiliki budget yang berlebih dan memiliki kebutuhan laptop untuk kerja berat atau desain Grafis, anda tidak usah bingung silahkan pilih mana yang terbaik antara laptop prosesor AMD dan Intel. Setelah itu anda tetapkan kira-kira VGA apa yang cocock untuk anda apa itu NVDIA atau ATI.
  2. Jika anda memiliki budget yang pas-pasan, tetapi anda ingin laptop grafis dan bisa di ajak kerja berat, saya menyarankan anda menggunakan laptop jenis AMD.Kenapa demikian? Hal ini di karenakan kebanyakan Laptop AMD (dikelas pas-pasan) memiliki kelebihan di VGA onboardnya yaitu ATI yang sudah terkenal akan kualitas dan performa grafisnya. Sedangkan Laptop intel(kelas pas-pasan), kebanyakan VGA onboardnya adalah Intel yang terkenal kurang bagus performa ataupun kinerja grafisnya.

2 comments :

  1. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
    http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Nice Info Jangan Lupa kunjungi Balik Blog Saya
    http://sewa-laptop-surabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete

Silahkan Kometarnya. . . . .